cover
Contact Name
Titania Aulia
Contact Email
titaniaulia@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
komunikasipembangunan@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Komunikasi Pembangunan
ISSN : 16933699     EISSN : 24424102     DOI : -
Jurnal Komunikasi Pembangunan (Jurnal KMP) is a journal that publishes research results on development communication, especially related to agriculture and rural areas. Jurnal KMP is published twice a year, in February and July.
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol. 21 No. 02 (2023): Juli 2023" : 3 Documents clear
Strategi Komunikasi Pemasaran Usaha Mikro Kecil dan Menengah “Shawarma Sultan” di Masa Pandemi Covid-19: Marketing Communication Strategy of “Shawarma Sultan” Micro, Small and Medium Enterprises in the Covid-19 Pandemic Era Muhammad Yazidal Siddik Siregar; Sumardjo; Annisa Utami Seminar
Jurnal Komunikasi Pembangunan Vol. 21 No. 02 (2023): Juli 2023
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46937/21202344244

Abstract

Adanya pandemi Covid-19 memberikan dampak yang cukup serius pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti penurunan omzet, pemecatan karyawan hingga gulung tikar. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi khusus agar UMKM bisa survive di masa pandemi seperti penguasaan mengenai cara dan strategi komunikasi pemasaran yang tepat dalam menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan strategi komunikasi pemasaran, loyalitas dan kepercayaan konsumen dengan keberhasilan usaha mikro kecil dan menengah Shawarma Sultan di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif melalui kuesioner online dengan direct message, kemudian didukung data kualitatif melalui wawancara mendalam. Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Medan Sunggal dan Kecamatan Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara yang dipilih secara sengaja (purposive). Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari hingga Agustus 2022. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 69 responden yang diperoleh melalui non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara tingkat penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu dengan tingkat keberhasilan usaha. Shawarma Sultan memasarkan produknya dan membuat iklan melalui media sosial mampu menarik banyak konsumen sehingga penjualan Shawarma Sultan meningkat serta dapat bertahan bahkan berkembang di masa pandemi Covid-19 hingga saat ini. Temuan penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi para pelaku usaha atau UMKM mengenai penggunaan media sosial sebagai strategi komunikasi pemasaran dalam mendukung kesuksesan bisnis.
Pengaruh Keterdedahan Media terhadap Pengetahuan Wanita Usia Subur dalam Program Keluarga Berencana Dr. Dwi Retno Hapsari; Asri Sulistiawati; Aditya Rahmadhony
Jurnal Komunikasi Pembangunan Vol. 21 No. 02 (2023): Juli 2023
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46937/21202344408

Abstract

Pemanfaatan media komunikasi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dapat menjadi upaya strategis dalam meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai keluarga berencana (KB) sebagai salah satu program pembangunan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat keterdedahan media terhadap peningkatan pengetahuan Wanita Usia Subur (WUS) mengenai KB khususnya dalam hal penggunaan alat kontrasepsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam menganalisis data sekunder yang bersumber dari hasil Survey Kinerja dan Akuntabilitas Program (SKAP) BKKBN Tahun 2019. Analisis statistik inferensia dilakukan untuk melihat pengaruh antar variabel melalui uji regresi linear. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 59.982 WUS yang berasal dari 34 provinsi dan 514 kota/kabupaten di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterdedahan media berpengaruh secara positif pada peningkatan pengetahuan WUS tentang KB. Adapun tingkat keterdedahan media juga dipengaruhi oleh karakteristik WUS seperti umur, pendidikan dan tingkat kekayaan
Communication for Tapis Business Development by the Young Generation through Tapis Jejama Kham MSME’s in Negeri Katon District Pesawaran Regency: Komunikasi Pengembangan Usaha Tapis oleh Generasi Muda melalui UMKM Tapis Jejama Kham di Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran Dame Trully; Indah listiana; Rara
Jurnal Komunikasi Pembangunan Vol. 21 No. 02 (2023): Juli 2023
Publisher : Institut Pertanian Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46937/21202346247

Abstract

Penelitian bertujuan mengetahui komunikasi pengembangan usaha UMKM dan minat generasi muda mengembangkan UMKM, dan menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan minat generasi muda mengembangkan UMKM.. Penelitian dilakukan dengan sengaja (purposive) pada UMKM Tapis Jejama Kham di Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran. Pemilihan lokasi dilakukan dengan sengaja (purposive) dengan pertimbangan UMKM Tapis Jejama Kham merupakan sentra kampung tapis unggulan khas Provinsi Lampung yang telah memiliki Gedung Galeri Tapis sebagai pusat penjualan dan pelatihan pengrajin tapis dan beranggotakan generasi muda. UMKM Tapis Jejama Kham juga memiliki banyak mitra binaan baik dari instansi pemerintah, swasta, maupun pendidikan termasuk Universitas Lampung. Responden adalah anggota kelompok UMKM Tapis yang berumur 16-30 tahun sebanyak 32 orang. Analisis data tujuan pertama dan kedua dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan Cross Tabulation dan tujuan ketiga dianalisis menggunakan Uji Rank Spearman dengan taraf signifikansi 0,20. Komunikasi pengembangan usaha UMKM Tapis Jejama Kham telah berjalan dengan baik. Minat berwirausaha generasi muda termasuk dalam kategori tinggi. Variabel umur, pendidikan formal, dan motivasi berhubungan dengan minat generasi muda mengembangkan UMKM sedangkan pendidikan non formal, motivasi, terpaan media dan dukungan instansi tidak memiliki hubungan dengan minat generasi muda dalam mengembangkan UMKM pada signifikansi 0,20.

Page 1 of 1 | Total Record : 3